MONGGOOOOO

SILAHKAN hub 081229121519

Fruit Durian

Fruit Durian Durian Kromo Banyumas
Peluang usaha Durian
Durian banyak dilirik para petani karena memang komoditas yang satu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi jika dibandingkan Buah-buan komoditas lainnya. Namun demikian, tidak semua harga Durian sama. Durian yang kualitasnya bagus, tentunya akan mendapatkan peminat yang banyak, dan jika peminatnya banyak, maka harganya pun otomatis akan lebih tinggi. Untuk mendapatkan kualitas Durian yang lebih baik, maka kita harus memahami cara budidaya Durian yang baik. Selain mendapatkan kualitas yang tinggi, pastinya bibit yang varitas unggul dan cara budidaya yang baik juga akan menghasilkan Durian dalam jumlah yang banyak di setiap pohonnya.
Pentingnya Menanam Durian yang Baik
Bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan sebuah pohon Durian unggul yang bisa menghasilkan 100 kg setiap pohonnya setiap kali anda panen. Bayangkan jika anda memiliki sebuah kebun dengan paling tidak 100 pohon Durian, setiap panen, anda bisa menghasilkan 10.000 kg. Hasil yang luar biasa ini tidak akan anda dapatkan tanpa perawatan dan pemeliharaan yang baik. Jika anda bisa mengikuti berbagai tips teknik budidaya Durian unggul, maka selain dari kualitas dan kuantitas panen yang tinggi, anda juga bisa mendapatkan pohon yang tahan dan tetap produktif bahkan setelah berusia piluhan tahun. Jika anda tidak percaya, maka anda bisa melihat Durian Kromo Banyumas yang ditanaman di berbagai perkebunan Petani di daerah Kemranjen, Durian ini masih dapat menghasilkan Durian secara aktif walaupun usia pohonnya sudah mencapat 25 tahun.
Kondisi Tanah Perkebunan
Untuk hasil Durian yang luar biasa, anda harus memilih tanah perkebunan yang memiliki struktur baik. Struktur yang baik , memiliki tingkat kegemburan yang tinggi.
Selain merawat dan memelihara pohon Durian, anda juga harus meluangkan waktu untuk melakukan pemupukan secara teratur, paling tidak dua kali dalam satu tahun. Pemupukan ini dimaksudkan agar tanah akan terjaga kesuburannya. Satu tips yang sebaiknya anda ingat, pemupukan ini jangan dimulai hanya ketika pohon Durian beranjak dewasa, namun lakukanlah sejak ia masih dalam masa penanaman bibit Durian.
Iklim yang Sesuai untuk Pohon Durian
Keberhasilan bercocok tanam pohon Durian tidak terlepas dari iklim daerah di sekitarnya. Tanaman yang satu ini memang sangat membutuhkan air dan tidak akan tahan dengan kekeringan. Jika anda memiliki pohon Durian muda yang usianya baru satu atau dua tahun, maka pada saat pohon tersebut mengalami kekeringan, maka pohon itu akan mati. Bagi pohon yang sudah lebih dewasa, maka yang terjadi biasanya hanya kematian ranting saja. Untuk pohon yang sudah tua, maka kekeringan akan mengakibatkan berkurangnya produktifitas pohon tersebut secara signifikan.
Untuk menanggulangi masalah kekeringan, maka tanaman Durian harus berada di tempat yang memiliki curah hujan antara 2000 – 3500 mm setiap tahunnya. Curah hujan ini sebaiknya terjadi secara merata di setiap bulannya sehingga tidak ada masa dimana pohon akan mendapatkan cukup air dan ketika pohon mengalami kekurangan air. Tapi ini bukan berarti bahwa semakin banyak curah hujannya, maka pohon durian akan semakin subur. Ini adalah teknik budidaya yang salah karena jika curah hujan melebihi 4000 mm, maka bisa jadi pohon durian anda akan mengalami kematian. Ini dikarenakan, air hujan yang berlebih
Berkebun Durian sebaiknya di daerah yang memiliki temperature hangat dan tidak memiliki kelembaban terlalu tinggi. Selain itu,teknik menanam durianpun harus berada di jarak tanam yang luas, yaitu sekitar 10 x 10 meter untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Ini dikarenakan, tanaman yang satu ini membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan dengan beginipun, sinar matahari akan dengan mudah menyinari setiap ranting. Selain memupuk, Durian juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, terutama di masa pembungaan agar dapat memberikan hasil yang maksimal.
Tips Bertanam
Cara menanam pohon Durian atau yang biasa disebut dengan pembibitan harus dilakukan secara teliti dan cermat. Anda harus memahami benar teknik-teknik persemaiannya untuk memastikan bahwa anda mendapatkan pohon yang unggul. Jika tidak begitu, maka anda mungkin malah akan menyianyiakan waktu anda ketika mengetahui bahwa hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan anda. Penanaman bibit Durian vegetatif dimulai dengan mempersiapkan wilayah yang akan anda tanami dengan menggemburkan tanah dan membuat batas antar pohon. Anda juga harus memahami cara tanam pencampuran tanah ketika pembibitan dengan melakukan pembelajaran secara menyeluruh mengenai hal tersebut sebelum memulai penanaman Durian Kromo Banyumas atau KB, durian ini yg banyak di budi dayakan oleh masarakat kemranjen, durianya sangat bagus dari rasanya tida diragukan lagi ,ketebalanya bisa mencapae 3cm biji banyak yg kempet Warna daging orange berat ada yg mencape 12kg, jenis ini mampu mengeluarkan bunga 3x dalam 1th , dalam pertengahan th ada yg buah dan menjelang musim raya buah keluar2x selang kureng lebih 1,5bualan, dari batang atas yg udah sangat bagus di tambain perakaranya yg banyak jadi banyak menyerap nutrisi pohon cepat besar cepat buah menjadikan keluar buah besar2, inilah durian KB pohonya gampang adaptasi tahan dari serangan berbage penyakit,
bidang Agrobisnis KB mulai banyak di minati oleh pecinta durian dan para Pengusaha perkebunan.
Harga Bibit KB ini relatif tinggi dari jenis durian montong biasa, tapi tingginya harga tersebut tentunya sesuai dengan KUALITAS BUAH yang di hasilkan. Salah Satu Yang menjadi keUNIKan dari bibit durian KB ini adalah akarnya yang menyerupai AKAR BAKAU. Bibit durian Bawor mempunyai akar lebih dari satu ada yang 3,4 .
Tujuan dari akar banyak ini adalah :
?
Mempercepat pertumbuhan
untuk memperbanyak cadangan makanan jadi nutrisi yang dihasilkan lebih banyak sehingga kualitas buahnyapun juga baik.
Memperkokoh pohon sehingga tahan gonjangan longsor ataupun kena angin kencang
Lebih tahan dari Kekeringan karena perakarananya yang banyak
?pohon durian Kromo Banyumas cocok juga di tanah kering karena perakaranya yg banyak.
BUDIDAYA DURIAN
Saat ini permintaan dan Harga DURIn Kromo Banyumas sangat tinggi sehingga memberikan keuntungan bagi siapa saja yang membudidayakan. Sehingga berkebun DURIAN Kromo Banymas sebuah PROSPEK USAHA yang PERLU ANDA COBA…!
Durian Kromo Banyumas, durian ini yg banyak di budi dayakan oleh masarakat kemranjen, durianya sangat bagus dari rasanya tida diragukan lagi ,ketebalanya bisa mencapae 3cm biji banyak yg kempet Warna daging orange berat ada yg mencape 12kg, jenis ini mampu mengeluarkan bunga 3x dalam 1th , dalam pertengahan th ada yg buah dan menjelang musim raya buah keluar2x selang kureng lebih 1,5bualan, dari batang atas yg udah sangat bagus di tambain perakaranya yg banyak jadi banyak menyerap nutrisi pohon cepat besar cepat buah menjadikan keluar buah besar2, inilah durian bawor pohonya gampang adaptasi tahan dari serangan berbage penyakit,
Buat lubang berbentuk bujur sangkar ukuran 50 atau 100cm. Tanah galian di campur dengan pupuk kandang matang 20kg kemudian tanah masukan kembali. Biarkan selama 1 minggu sebelum bibit di tanam tujuanya untuk menggemburkan tanah sehingga pengakaranya lebih bagus dan kuat.
JARAK TANAM
Jarak tanam 7 x 7 Meter atau 10 x 10 Meter.
PENANAMAN
Penanaman ideal adalah pada awal musim hujan. Gali lubang sesuai dengan ukuran polibeg. lepas polibeg menggunakan cutter atau silet usahakan tanah yang di polibeg jangan sampai lepas. Masukan bibit kurang lebih sedalam 20 cm, lalu timbun dengan tanah setinggi leher akar kemudian Siram air secukupnya. Tujuan dari cara tanam yang di tinggikan ini adalah supaya tumbuh akar di atas permukaan tanah. sehingga pohon dan perantinganya akan lebih bagus.
PEMELIHARAAN
Biaya perawatan/Pemeliharaan kebun durian ini berkisar Rp 500.000 per poho sampe buah
1. Pengairan
Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanam berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman dikurangi dan penyiraman paling baik pada pagi hari.
2. Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan terhadap tunas-tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Pemangkasan juga bertujuan untuk membentuk tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 m pucuk tanaman dipangkas.
3. Pemupukan
Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik. Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi setempat pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke – 3 dengan pupuk NPK yang kadar N tinggi. pemupukan pupuk kandang dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan pupuk makro sesuai dengan umur tanaman. Caranya dengan menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman.
Dosis pupuk kandang yang dianjurkan tergantung umur tanaman, misalnya 50 kg / pohon ( umur 1 tahun ), 70 kg / pohon ( umur 2 tahun ), setiap tahun dosis di tingkatkan hingga mencapai 300 kg / pohon pada umur 10 tahun. Sedangkan pupuk anorganik dianjurkan menggunakan NPK.
4. Merangsang Pertumbuhan Bunga
Pertumbuhan bunga pada tanaman durian dapat dirangsang selain dengan penggunaan pupuk NPK, juga dapat dilakukan dengan memberikan hormon tertentu seperti yang dilakukan di Malaysia dan Thailand. Zat yang bisa di berikan antara lain adalah : Paclobutrasol, zat ini sebenarnya menghambat pertumbuhan daun dan merangsang pertumbuhan bunga. Karena itu bila di berikan secara tepat juga bisa meningkatkan produksi durian.
5. Pengendalian Hama Penyakit
a. Penggerek Batang
Kerusakan : menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting tanaman durian. Serangannya di tandai dengan kotoran dan cairan berwarna merah dari bekas kayu yang di makan oleh penggerek tersebut, akibatnya tanaman menjadi layu, daun – daun menjadi kering dan rontok akhirnya tanaman bisa mengalami kematian.
Pengendalian :
a. Menjaga sanitasi kebun
b. Menutup bekal lubang penggerek dengan kapas yang sudah di beri insektisida sismetik.
c. Memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang.
d. Meninjeksi tanaman dengan insektisida sismetik melalui akar atau dahan.
2. Penggerak Buah ( Tirathaba ruptilinea, hypoperigea leprosticta, dan Dacus dorsalis )
Kerusakan : menyebabkan buah menjadi busuk dan kerulat dan akhirnya rontok, buah yang terserang umumnya tidak bisa di makan. Tirathaba ruptilineaemerusak dengan melubangi kulit durian sampai daging dan bijinya. Hypoperigea Leprosticta melubangi buah durian untuk mencari makan sehingga buah busuk dan rontok, dan Dacus dorsalis menyerang buah durian dengan cara menyuntikan telurnya ke dalam kulit buah sehingga menyebabkan kebusukan dan kerontokan.
Pengendalian :
a. Menyemprotkan Insektisida sisitemik sejak buah berumur satu minggu dengan dosis dan interval sesuai petunjuk di kemasan.
b. Menggunakan perangkap yang berbahan aktif methyl eugenol seperti M – antraktan.
6. Pemanenan
Waktu panen berbeda tergantung jenis varietas.jenis Kromo Banyumas sekitar 125 – 135 hari setelah mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna setelah empat bulan setelah mekar. Waktu petik berdasar tanda – tanda fisik, missal ujung dari coklat tua, garis – garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul.
Cara penen dengan memetik atau memotong buah dipohon dengan pisau atau galah berpisau. Bagian yang dipotong adalah tangkai buah dekat pangkal batang dan usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena mengurangi kualitas buah lebih mantapnya di ikat/cencang menghasilkan buah masak pohon setelah jatuh bergantungan baru di turunkan, caranya di kerek dengan tabang .
Anda mau nanam silahakan !!!! Hub, Bpk. Juwahir
di jl.raya buntu alasmalang .Ds alasmalang rt/rw 3/4,kec kemranjen,kab banyumas, Jawa Tengah
081229121519
081391612423
PIN BB 2251C1D